Thalasemia : Gejala, Penyebab, Pengobatan

Thalassemia (talasemia) adalah kelainan darah bawaan yang mempengaruhi hemoglobin sehingga menjadi tidak normal. Hemoglobin adalah molekul protein dalam sel darah merah yang memberikan warna merah dan bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Akibat abnormalnya hemoglobin, maka sel darah merah berumur lebih pendek, lebih mudah rusak sehingga bisa terjadi anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh hanya memiliki sel-sel darah merah yang sedikit alias di bawah normal.

Thalasemia adalah penyakit yang diturunkan, artinya bahwa setidaknya salah satu dari orangtua ada yang membawa penyakit ini. Kondisi ini terjadi akibat mutasi genetik atau penghapusan fragmen gen tertentu. read more

Limfosit – Pengertian, Fungsi, Implikasi Klinis

Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang ada dalam peredaran darah kita. Kita ketahui bahwa sel darah putih berfungsi membantu melindungi tubuh terhadap penyakit dan melawan infeksi. Begitu juga dengan fungsi limfosit ini.

Sekitar 15% sampai 40% dari sel-sel darah putih (leukosit) adalah limfosit, ini merupakan nilai normal pada manusia. Namun perlu diingat bahwa rentang yang disebutkan ini mungkin akan berbeda tergantung pada mesin yang digunakan untuk melakukan tes darah.

Pengertian Limfosit dan Karakteristik

Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih (leukosit). Limfosit berukuran kecil, biasanya memiliki diameter 7 sampai 8 mikrometer. Inti (nukleus) dari limfosit adalah terbuat dari kelompok besar benang tipis yang dikenal sebagai kromatin yang berwarna keunguan. read more